ASPEK PENGEMBANGAN FISIK pada PAUD

1. Bersifat terus menerus.
(Dari perkembangan yg sederhana ke yg lbh kompleks dgn bertambahnya usia. Contoh : tinggi badan).
2. Memiliki tahapan yg sama.
(Semua anak memiliki pola perkembangan motorik yg sama, walau kecepatan mencapai tahap tsb berbeda).
3. Kematangan.
(Anak berkembang sesuai dgn kematangannya. Belum tentu anak dgn usia sama akan memiliki perkembangan yg sama pula).
4. Umum ke khusus.
(Perkembangan motorik dimulai dari yg bersifat umum lalu menuju perkembangan yg bersifat khusus. Seperti: gerakan badan lebih dulu berkembang drpd jari-jari).
5. Refleks ke Gerak Terkoordinasi & Bertujuan.
(Anak mengungkapkan rasa lapar, haus, sakit,dsb awalnya melalui tangisan, namun seiring perkembangannya anak mulai dapat mengungkapkan semuanya melalui komunikasi langsung.6. Bersifat Chepalocaudal Direction.
(Bagian tubuh yg mendekati kepala lbh dulu berkembang drpd yg mendekati ekor).
7. Bersifat Proximodistal.
(Bagian tubuh yg mendekati sumbu tubuh (tulang belakang) lbh dulu berkembang drpd bag tubuh yg jauh dari sumbu tubuh. Seperti : otot lengan berkembang lbh dulu dr otot jari).
8. Koordinasi Bilateral menuju Crosslateral.
(Koordinasi organ yg sama berkembang lbh dulu sblm koordinasi organ yg bersilangan. Misal: anak balita lempar bola dgn tangan kanan yg terayun disertai kaki kanan yg maju. Pada org dewasa, tangan kanan melempar bola, kaki yg maju adalah kaki kiri).

Posted on 21 September 2012, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s