Menjalin Silaturahmi Lewat Kopi Darat

Komunitas Online Warga Gunungkidul

BERANGKAT dari interaksi di jalur dunia maya, warga Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, yang saat ini tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya membentuk sebuah wadah. Mereka kini tergabung dalam Forum Komunitas Online Gunungkidul (FKOGK) yang beralamat di http://www.wonosari.com. Mereka saat ini rutin menggelar acara kopdar alias kopi darat.

Salah satu kegiatan rutin untuk menjalin tali silaturahmi antaranggota FKOGK di Jabodetabek adalah arisan rutin dua bulan sekali. “Ada beberapa kali kegiatan offline (kopdar) yang kita buat. Tapi, kalau yang rutin sekarang ini arisan setiap dua bulan sekali,” kata Parjimin, salah satu pengurus FKOGK dalam obrolan dengan Warta Kota, Jumat (29/1).

Kandar, yang oleh FKOGK didapuk menjadi Ketua Kopdar Arisan, mengatakan, rencananya 14 Februari 2010 akan kembali digelar arisan rutin di Jalan Haji Janim, Kampung Bager RT 09/RW 05, Jurangmangu, Pondokaren, Tangerang Selatan.

Ia mengatakan, sekarang ini ada sekitar 50 warga Gunungkidul yang tergabung dalam FKOGK dan mereka rutin berkumpul dalam ajang kopdar.

“Bagi warga Gunungkidul yang belum bergabung silakan bergabung. Di sini kita membina perseduluran (persaudaraan),” kata Kandar. Lebaran tahun lalu, para anggota FKOGK juga menggelar kopdar di kampung halaman dengan berkreasi ke Pantai Sunda di Wonosari, Yogyakarta.

FKOGK yang dibentuk pada 28 Februari 2008 secara umum merupakan satu wadah atau komunitas pengguna internet (online) masyarakat di dan dari Gunungkidul dan sekitarnya. Mereka semula berinteraksi antaranggota (melalui alamat http://www.wonosari.com). Berangkat dari keakraban dan keguyuban dalam berinteraksi itu akhirnya diwujudkan dalam kegiatan offline alias kopdar.

“Jadi kita warga Gunungkidul yang berada di Jakarta dan sekitarnya berinisiatif membuat kegiatan offline seperti sekarang ini yang akhirnya menjadi kegiatan rutin,” katanya.

Tujuan dibentuknya FKOGK untuk menjalin tali silaturahmi yang selama ini terputus di antara masyarakat Gunungkidul terutama yang merantau dengan rekan-rekan yang mungkin sebelumnya pernah bersama-sama baik di sekolah maupun di kehidupan bermasyarakat. Tapi, setelah masing-masing keluar dari Gunungkidul, komunikasi itu sempat terputus.

“Dengan forum online ini, kami harapkan hal tersebut bukan lagi menjadi kendala dan mereka bisa kembali reuni sesama teman dan sahabat. Ajang ini juga menjadikan mereka yang belum saling kenal menjadi akrab dengan harapan ke depan bisa mempunyai satu visi yang bermanfaat guna pengembangan daerah Gunungkidul,” kata Parjiman yang kini menjadi koordinator wilayah Bekasi.

Di luar komunitas mereka, saat ini memang ada komunitas yang lebih besar lagi, yakni Ikatan Keluarga Besar Gunungkidul. “Kami lebih sebatas komunitas online-nya. Tetapi, kita juga tetap menjalin tali silaturahmi antaranggota secara offline,” kata Pardjiman.

Mengenai arisan, Kandar punya cerita. “Arisannya nggak besar hanya Rp 50.000, tapi di balik kegiatan ini, kita bisa tetap menjalin tali silaturahmi. Saling memberikan perhatian antaranggota,” katanya. Dia mencontohkan bentuk perhatian itu seperti membesuk anggota yang sakit atau berbagi informasi soal pekerjaan.

Herman (20). Warga Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Wonosari, sudah satu setengah tahun ini bekerja di sebuah toko seluler di Sawahlama, Ciputat, Tangerang Selatan. Dia bekerja di toko milik tetangganya yang juga sama-sama bergabung di FKOGK.

“Dengan adanya perkumpulan seperti ini. biar pun jauh dari kampung halaman kita seperti di kampung sendiri. Bisa saling kenal dan saling membantu,” kata Herman. (Agung Nugroho)

Forum Komunitas Online Gunungkidul (FKOGK)
Alamat web : http://www.wonosari.com
Parjimin : 081311407288
Kandar : 081384544723

Posted on 3 Februari 2010, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: