Facebook Instal ‘Tombol Panik’ untuk Anak-Anak

LONDON Facebook dan situs jejaring sosial lain segera menginstal ‘tombol panik’ yang berfungsi memudahkan anak-anak memberitahukan operator website ketika menemukan konten-konten tidak pantas terposting pada website tersebut.

Sebanyak 140 perusahaan dan lembaga lain di Inggris setuju untuk mematuhi standar internet baru yang disusun penasihat pemerintah Inggris dalam mewujudkan penggunaan internet yang aman.

Sistem tombol panik bagi para pengguna Facebook di Inggris itu mirip dengan sistem yang pernah diluncurkan situs jejaring sosial Bebo.

Pada intinya, fitur tombol ini dimaksudkan untuk melibatkan anak-anak pengguna situs jejaring sosial untuk aktif melaporkan keberadaan konten-konten cabul atau tidak pantas. Mereka juga bisa segera melapor ketika diganggu orang yang bermaksud melakukan pelecehan atau cyberbullying. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Senin (7/12/2009).

Standarisasi ini juga memberikan peluang lebih besar kepada orangtua untuk mengawasi penggunaan internet, dengan sistem kontrol ‘safe search’ yang mencegah putri putri mereka mengakses konten berbahaya.

Menurut hasil penelitian regulator industri Ofcom di Inggris, sekira 35 persen anak-anak bisa mengakes internet di kamar tidur mereka tanpa pengawasan orangtua. (rah)

Posted on 8 Desember 2009, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: