UU ITE akan Kembali Digoyang

Jakarta – Sejumlah blogger Tanah Air saat ini tengah menyiapkan strategi untuk kembali mengajukan revisi atas Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Para blogger itu tak gentar meski upaya teman sejawat mereka beberapa waktu lalu sempat kandas.

Dikatakan Blontank Poer, salah satu blogger yang ikut aksi ini, untuk menggoyang UU ITE saat ini hanya bisa lewat satu cara. Yakni melalui anggota DPR yang baru menjabat. Sebab, jika melalui Mahkamah Konstitusi — seperti sebelumnya — sudah tak mungkin berhasil.

“Kita saat ini sedang menggalang dukungan, dan berharap anggota dewan yang baru itu bisa mengubahnya (revisi-red.),” tukas pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini dalam acara Diskusi Lesehan Pasar Minggu bertajuk ‘Media Baru Sebagai Kebebasan Berekspresi’ di Base Camp ICT Watch, Jakarta, Kamis (19/11/2009).

Kelompok blogger tersebut berasal dari sejumlah kota, mulai dari Solo, Jogja, hingga Surabaya. Namun tidak bisa dibilang bahwa gerakan ini merupakan cermin sikap keseluruhan dari kota-kota itu.

Gerakan mereka berawal dari sebuah diskusi yang terjadi di tengah kasus yang menimpa Prita Mulyasari dan berdampak pada kekhawatiran mereka akan bernasib sama dengan ibu dua anak itu.

Sementara target yang mereka incar adalah Pasal 27 ayat 3 yang dianggap sebagai pasal karet alias multitafsir yang rentan disalahgunakan. Selain itu, pasal tentang pencemaran nama baik ini juga dianggap sudah diakomodir lewat KUHP. Jadi keberadaannya di UU ITE dianggap tak perlu lagi.

Untuk menampung dukungan yang lebih besar, mereka saat ini tengah menyiapkan nama domain khusus sekaligus sebagai tempat untuk menyuarakan pendapat gerakan ini.

“Namanya apa? Masih belum tahu nanti lah. Yang pasti kita ingin secepatnya menemui DPR, kalau bisa bulan ini,” pungkas Poer, sapaan akrabnya. ( ash / faw )

Posted on 19 November 2009, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: