Sultan Minta Masyarakat Jangan Terpaku Parpol

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com – Pada tahun 2010, tiga dari empat kabupaten di DI Yogyakarta akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah. Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk tidak terpaku menentukan pilihan hanya berdasarkan partai politik yang mendukung calon kepala daerah.

”Dalam menentukan pilihan, yang penting jangan partai politik pengusungnya. Tetapi apakah punya kredibilitas di hadapan publik,” ujar Sultan ditemui di Desa Pampang, Paliyan, Gunung Kidul, usai berdialog dengan warga pedesaan, Rabu (18/11).

Sultan mengambut baik aturan terbaru dalam pilkada yang membuka pintu bagi calon bupati maupun calon wakil bupati dari nonpartai atau independen. Kehadiran calon independen akan semakin memberi kesempatan masyarakat untuk memilih calon terbaik.

Sejauh ini, menurut Sultan, belum ada calon bupati maupun calon wakil bupati yang diusulkan dari Keraton Yogyakarta. Ketika ditanya apakah akan memberi izin kerabat keraton untuk mengajukan diri, Sultan hanya mengatakan, ”Tergantung siapa calonnya”.

Menurut Anggota KPU Gunung Kidul Divisi Teknis Penyelenggara, Paimin Adji, pengumuman syarat calon independen baru akan dilaksanakan pada Sabtu (5/12)-Minggu (6/12) mendatang. Pendaftaran calon independen yang harus mendapat dukungan 4 persen dari jumlah penduduk dimulai 17-23 Februari 2010.

Meskipun pelaksanaan Pilkada di DIY baru akan dilaksanakan serentak di masing-masing kabupaten pada 23 Mei 2010, nama calon-calon bupati maupun wakil bupati dari partai politik maupun independen sudah mulai bermunculan. Sultan berharap stabilitas keamanan terus dijaga sehingga tidak timbul konflik antarmasyarakat.

Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul telah menyetujui penyiapan anggaran sebesar Rp 12,4 miliar untuk pelaksanaan Pilkada. Saat ini, KPU Gunung Kidul masih pada tahap persiapan jelang Pilkada.

Tahapan yang telah dilalui oleh KPU Gunung Kidul adalah seleksi calon Panitia Pengawas Pilkada. Enam nama calon anggota Panwas Pilkada telah dikirim ke Badan Pengawas Pemilihan Umum untuk seleksi uji kelayakan dan kepatutan. KPU Gunung Kidul berharap Banwaslu segera  memilih tiga orang Panwas Pilkada.

Posted on 19 November 2009, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: