Hujan Meteor Leonid Lintasi Bumi Nanti Malam

CALIFORNIA – Bumi kembali akan disuguhi dengan peristiwa hujan meteor yang melintas di langit pada malam hari. Menurut NASA, meteor yang akan singgah ke bumi merupakan meteor Leonid.Badan antariksa Amerika Serikat tersebut menyebutkan wilayah yang akan dapat menyaksikan hujan meteor Leonid itu adalah Amerika Utara diikuti oleh ledakan yang lebih intens ke penjuru Asia, termasuk Indonesia, khususnya pulau Jawa.

“Kami memperkirakan 20-30 meteor per jam di Amerika Utara, dan sebanyak 200-300 per jam penjuru Asia,” kata Bill Cooke, salah satu pejabat di NASA, seperti yang dikutip melalui situs resminya, Selasa (17/11/2009).

Setiap 33 tahun Leonid ini mengunjungi tata surya bagian dalam. Menurut para ilmuwan hujan meteor Leonid terjadi karena meteor-meteor yang muncul dari pusat radian di atas rasi bintang Leo, yang kemudian menjadi serpihan-serpihan komet Tempel Tuttle saat mendekati Matahari. Di November ini, rasi bintang ini bisa dilihat di arah Timur Laut pada malam hari.

“Kita bisa memprediksi kapan bumi akan akan dilintasi meteor Leonid dengan akurasi cukup bagus,” kata Cooke.

“Namun Intensitas tampilan kurang menentu, karena kita tidak tahu berapa banyak puing-puing yang akan menjadi serpihan,” sebutnya.

Ditambahkan olehnya, hujan meteor akan terlihat pertama kali pada 17 November pada jalur 0.900 UT jam 1 sampai 4 pagi. Puing-puing tersebut adalah campuran dari partikel yang menyebar dua hingga tiga lusin meteor per jam di Amerika Utara. Hujan meteor akan terlihat indah saat langit gelap terlihat penuh.

Posted on 17 November 2009, in Anak kampung. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: